• Terbaru

    TSK : Pesan f8/f9/f1 saat booting

    Assalamualaikum

    Trouble Shooting Komputer

    Kasus :
    Komputer yang waktu pertama di nyalain ga mau langsung masuk ke windows, tapi muncul pesan text berbahasa inggeris, buat orang yang kurang mendalami ilmu komputer kebanyakan pasti akan panik, dikiranya error, tapi memang sebenarnya error, apalagi yang ga tau bahasa inggeris, bisa lebih panik lagi.





    Diagnosa :
    Gambarnya seperti di atas, penyebabnya banyak, bisa karena keyboard yang tidak terpasang dan bisa juga karena komputer booting dari hardware yang tidak terpasang di komputer, misal yang sering terjadi komputer booting dari floppy disk.

    Solusi:
    Sebenarnya tidak perlu panik, karena sistem masih bisa jalan dengan normal, tekan saja f1 dan komuter akan melanjutkan masuk windows.

    Opsi f9 fungsinya untuk merestart dan memilih media penyimpanan yang terpasang di komputer.

    Agar tidak terulang lagi seperti itu, pertama tekan DELL untuk masuk ke setting BIOS, kemudian di menu MAIN setting floppy disk menjadi DISABLE,
    kemudian masuk ke menu BOOT, atur supaya komputer booting dari HARDISK, caranya dengan merubah HARDISK di urutan pertama. Kemudian tekan f10 untuk menyimpan dan keluar dari settingan BIOS.

    Setelah itu komputer akan merestart dan masuk ke windows.

    Selesai :)

    Wasalam

    No comments

    Saya sangat berterimakasih apabila sahabat sekalian bersedia untuk tidak meninggalkan spam dan meninggalkan komentar yang berhubungan dengan artikel di atas.