• Terbaru

    Installasi Windows Xp Menggunakan Microsoft Virtual PC (VPC)

     Microsoft Virtual PC 
    adalah sebuah program virtualisasi yang dijalankan di atas komputer PC berbasis sistem operasi Microsoft Windows dan juga dapat dijalankan di atas komputer Apple Macintosh berbasis sistem operasi Mac OS. Aplikasi ini pada awalnya ditulis oleh Connectix, yang kemudian diakusisi oleh Microsoft Corporation. Pada bulan Juli 2006, Microsoft merilis Virtual PC untuk Windows sebagai sebuah versi yang gratis (tidak berbayar), dan pada bulan Agustus 2006, Microsoft mengumumkan bahwa Virtual PC untuk Macintosh akan dihentikan produksinya, karena Microsoft tidak melakukan porting aplikasi dari prosesor IBM PowerPC (yang sebelumnya digunakan oleh Macintosh) menjadi prosesor berbasis Intel.
    Virtual PC dapat melakukan emulasi terhadap sebuah PC standar dan semua perangkat yang dibutuhkannya agar dapat berjalan (keyboard, mouse, CPU, memori, kartu grafik, disket, hard disk, CD-ROM, port COM dan LPT, kartu jaringan hingga sound card). Sehingga, aplikasi ini dapat digunakan untuk menjalankan hampir semua sistem operasi yang dapat dijalankan di atas komputer PC. Tetapi, mungkin akan terjadi masalah ketika pengguna hendak melakukan instalasi sistem operasi yang tidak umum digunakan, yang belum diujicoba oleh Microsoft pada saat pengembangannya.

    Singkatnya Virtual PC adalah sebuah program yang dapat mamanipulasi OS sehingga kita dapat menjalankan suatu sistem operasi di atas sistem operasi yang sedang berjalan (tanpa mematikan sistem operasi yang sedang berjalan sebelumnya).
    Salah satu keuntungan dari menggunakan VPC adalah kita dapat menjalankan suatu aplikasi yang “tidak dapat dijalankan atau tidak kompatibel” pada Sistem Operasi yang kita gunakan, seperti misalnya ketika kita akan menggunakan microsoft Internet Explorer 6, sedangkan Sistem Operasi yang kita gunakan adalah Win 7 yang menggunakan Internet Explorer 8, kita tidak dapat me-uninstall IE 8 yang sudah merupakan feature dari Win 8 itu sendiri sehingga kita tidak dapat melakukan installasi IE 6, tapi kita dapat menginstall sistem operasi yang kompatibel dengan IE 6 yaitu WinXp dan kita dapat menginstallnya dengan Vitrual PC, sehingga kita tidak perlu membuat partisi baru, dan sistem operasi yang di install menggunakan Virtual PC dapat dijalankan ketika  sistem operasi sebelumnya sedang berjalan. Caranya : 
    1. Install VPC pada komputer, untuk Virtual PC 2007 dapat di download di sini


    Setelah selesai installasi Virtual PC (seperti pada langkah di atas), masukkan CD installer Xp anda ke CD-Room, pada tampilan seperti gambar di samping, pilih menu "CD" , pilih Use Phisical Drive E (CD Room anda), kemudian pilih Action dan pilih Ctrl + Alt + Del (tombol Ctrl+Alt+del pada key board menggunakan Alt(sebelah kanan)+Del) untuk me-restart, setelah itu lakukan proses installasi Windows Xp seperti biasa.





    Berikut langkah langkah installasi Win Xp
    Catatan : pada tutorial berikut Win Xp di install tidak pada VPC. Pada Virtual PC di atas kita tidak perlu melakukan Pengaturan BIOS, kita langsung memulai proses installasi setelah restart.

    Win Xp Installation

    Semoga tutorial ini bermanfaat, selamat mencoba.

    1 comment:

    1. wah... nice share nih. kbtln lg btuh buat experimen uji coba pake sistem laen. thanks bgtlah pkoknya... i love this blog. hhh

      ReplyDelete

    Saya sangat berterimakasih apabila sahabat sekalian bersedia untuk tidak meninggalkan spam dan meninggalkan komentar yang berhubungan dengan artikel di atas.