• Terbaru

    Netbeans JDBC, Membuat koneksi ke MYSQL

    Seperti bahasa pemrograman yang lain, yang di perlukan untuk mengkoneksikan sebuah aplikasi dengan database, misalnya penguhbung antara aplikasi itu dengan aplikasi database.

    definisi
    JDBC : Java database connectivity (JDBC) is the JavaSoft specification of a standard application programming interface (API) that allows Java programs to access database management systems. 

    Di netbeans : 
    /* 
    import library mysql  (import java.sql.*)
    klik kanan di project > properties > libraries > add library > mysql jdbc driver
     */
    1. buat variabel untuk menampung url driver sql / jdbc.
    2. buat variabel untuk menampung url host, port, database.
    3. buat variabel untuk menampung url user name database.
    4. buat variabel untuk menampung url password database.


    buat Objek koneksi di bawahnya, objek koneksi (baca Java Class dan Object)
    Buat getter dan setter untuk objek koneksi Refactor > Encapsulate Fields > beri tanda checklist di getKoneksi dan setKoneksi > klik Refactor.

    fungsi getter kira-kira agar nilai dari koneksi bisa di panggil dari class lain dengan memanggil objek koneksi, dan setter untuk memasukkan nilai ke koneksi, disini ktia akan membuat penghubung koneksi ke driver dan database di dalam class getKoneksi().

    .

    prosesnya selesai sampai di situ,

    catatan :
    untuk menguji, 
    jika kamu bikin koneksi di main class, langsung klik kanan dan Run file, itu juga jika kamu bikin kode yang di atas di dalam class public void main(String[] args), jika tidak pada main class tulis kode getKoneksi().

    jika kamu bikin class lain untuk koneksi ini, jika class koneksi berada dalam satu package dengan main class, tuliskan new koneksi().getKoneksi();. jika berbeda buat objek koneksi dulu dan panggil getter dari koneksi, misal kn.getKoneksi();, yang berwarna biru itu nama class koneksi.

    No comments

    Saya sangat berterimakasih apabila sahabat sekalian bersedia untuk tidak meninggalkan spam dan meninggalkan komentar yang berhubungan dengan artikel di atas.