• Terbaru

    Struktur Direktori di Linux

    Struktur Direktori di Linux


    Seperti operating system lainnya, system file Linux juga menggunakan struktur direktori yang tersusun ke dalam hirarkis tunggal. Linux tidak mengenal konsep drive. Semua partisi dan macamnya bisa di mount kedalam direktori yang berada dalam struktur direktori linux.
    Di lingkungan Linux, untuk menunjukkan sebuah lokasi file, digambarkan seperti berikut :
    $ /FolderUtama/Subfolder/folder/file.txt


    Pada saat komputer booting, ‘partisi root’ akan di mount di ‘/’ (baca root) dan seluruh file, direktori dan device akan di mount dibawah /. Berikut sekilas direktori di Linux :
    / (baca: root)
    Struktur direktori di Linux secara umum diawali root filesystem “/” yang juga merupakan akar dari seluruh direktori. Partisi yang ditempati / (root system) akan menjadi direktori sistem atau partisi pokok.

    /boot
    Pada direktori boot tesimpan file-file boot loader diantaranya grub atau lilo, kernel, initrd dan system.map. /boot akan berubah isinya ketika kita merubah versi kernel, menambahakan Operating system di partisi lain.

    /sys (system)
    Berisi informasi yang berkaitan dengan kernel, device dan firmware.

    /sbin (super binary)
    Berisi file-file biner yang perananya untuk sistem dan mengendalikan sistem. File-file biner atau biasa dianggap aplikasi ini jika dioperasikan secara tidak tepat bisa berpotensi merusak.

    /bin (binary)
    Berisi file-file binari atau aplikasi yang lebih umum dan dapat digunakan oleh semua user. Untuk memudahkan mengingat, direktori ini dianggap kependekan dari ‘binary‘.

    /lib (library)
    Berisi file-file library atau pustaka dari semua aplikasi binari yang tersimpan dalam direktori /sbin dan /bin. Di direktori ini juga tersimpan berbagai macam librari yang digunakan untuk aplikasi lain. Konsep penggunaan librari bersama ini membuat aplikasi di linux dapat menghemat ukuran.

    /dev (device)
    Isi dari /dev ini berkaitan dengan perangkat-perangkat yang terdapat pada system. Misalkan untuk informasi port serial, port printer, dapat di berlakukan seperti membaca file.

    /etc
    Direktori /etc berisi file-file konfigurasi sistem. Kebanyakan aplikasi dan layanan konfigurasinya tersimpan di direktori ini

    No comments

    Saya sangat berterimakasih apabila sahabat sekalian bersedia untuk tidak meninggalkan spam dan meninggalkan komentar yang berhubungan dengan artikel di atas.