• Terbaru

    Deklarasi Hari Kesadaran Keamanan Informasi (HKKI)

    Deklarasi Hari Kesadaran Keamanan Informasi (HKKI)

    Pada hari Rabu, 7 Maret 2007, bertempat di gedung II BPPT, Jakarta Pusat, sebuah acara penting bagi komunitas dan masyarakat Indonesia yang peduli akan keamanan informasi telah diselenggarakan.

    Acara penting tersebut tidak lain adalah deklarasi Hari Kesadaran Keamanan Informasi (HKKI). Acara ini merupakan gerakan awal dari masyarakat dalam upaya untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya keamanan informasi.

    Acara ini diselenggarakan oleh panitia bersama dari berbagai komponen masyarakat keamanan informasi, antara lain :
    - KKI (Komunitas Keamanan Informasi)
    - CISSP (Certified Information Systems Security Professional) Indonesia Community
    - IASII (Ikatan Audit Sistem Informasi Indonesia)
    - ISACA (Information Systems Audit and Control Association) Indonesia Chapter
    - ISSA (Information Systems Security Association) Indonesia Chapter
    - IT Center (Komunitas IT terbesar di Indonesia)
    - Jasakom-Perjuangan (Komunitas)
    - KPLI (Komunitas Pengguna Linux Indonesia)
    - MUGI (Microsoft User Group Indonesia)

    Sebagai bagian dari masyarakat keamanan informasi, MASPI juga turut menjadi pendukung acara tersebut bersama dengan komunitas/instansi lainnya di Indonesia. Bahkan, beberapa personil MASPI turut menjadi anggota panitia bersama.

    Selain dari masyarakat di atas, acara penting ini juga dihadiri dari kalangan pemerintah, seperti :

    - Pejabat BPPT
    - Kepala Lembaga Sandi Negara R.I. (May. Jen. TNI Nachrowi Ramli, S.E) yang sekaligus juga sebagai Ketua Umum MASPI
    - Dir .Jen. Aptel DepKomInfo (Ir. Cahyana Ahmadjayadi)

    Acara ini diawali dengan sambutan dari beberapa tokoh, kemudian dilanjutkan dengan pembacaan dan penandatanganan deklarasi Hari Kesadaran Keamanan Informasi (HKKI).

    Isi dari deklarasi tersebut adalah sebagai berikut :

    DEKLARASI HARI KESADARAN KEAMANAN INFORMASI

    Keamanan informasi memegang peranan penting di era digital dan berkorelasi tinggi dengan ukuran kemajuan satu negara/bangsa. Keamanan informasi juga merupakan faktor esensial dalam kehidupan masyarakat – baik secara perorangan, kelompok, maupun organisasi – sehubungan dengan aspek penghargaan akan wilayah privasi yang merupakan hak asasi manusia sebagai makhluk berbudaya dan berbudi.

    Kami, dari berbagai komponen masyarakat yang peduli akan keamanan informasi dengan dukungan pemerintah, mendeklarasikan tanggal 7 Maret sebagai Hari Kesadaran Keamanan Informasi (HKKI), yang merupakan awal dari gerakan masyarakat dalam meningkatkan kesadaran akan pentingnya keamanan informasi.

    Hari Kesadaran Keamanan Informasi (HKKI) akan diperingati setiap tahunnya sebagai momentum peningkatan kesadaran akan pentingnya keamanan informasi bagi masyarakat luas.

    Deklarasi Hari Kesadaran Keamanan Informasi (HKKI) merupakan wujud peran serta masyarakat Indonesia untuk kemajuan bangsa dan negara yang akan ditindaklanjuti dengan pelaksanaan Program Kesadaran Keamanan Informasi, sekurang-kurangnya oleh masing-masing komunitas dan organisasi penanda tangan deklarasi ini.

    Dengan rahmat Tuhan Yang Maha Esa, Deklarasi Hari Kesadaran Keamanan Informasi (HKKI) ditandatangani di Jakarta, pada hari Rabu tanggal 7 Maret 2007.

    Acara terakhir, berupa makan malam dan pembagian piagam deklarator HKKI. Mudah-mudahan acara deklarasi HKKI ini menjadi momentum penting bagi kebangkitan masyarakat informasi Indonesia, khususnya dalam keamanan informasi Indonesia.

    Sumber : http://artikel.total.or.id

    No comments

    Saya sangat berterimakasih apabila sahabat sekalian bersedia untuk tidak meninggalkan spam dan meninggalkan komentar yang berhubungan dengan artikel di atas.