Transmission Control Protocol/ Internet Protocol (TCP/ IP)
Transmission Control Protocol/ Internet Protocol (TCP/ IP)
Network atau jaringan dalam bidang computer dapat diartikan dua atau lebih computer otonom yang dihubungkan dengan media transmisi/komunikasi dengan menggunakan suatu standarisasi sehingga dapat saling berinteraksi dan berkomunikasi.
1.
Desain jaringan dan perangkat lunak
Jaringan tersusun atas beberapa host yang terhubung melalui perangkat jaringan yang meliputi antara lain:
a. Protokol Jaringan
Protokol jaringan adalah suatu standart yang harus saling dimengerti oleh suatu computer lain agar dapat saling berkomunikasi.
1) TCP/IP : TCP/IP merupakan protocol yang digunakan hampir seluruh system operasi dan merupakan standart umum dari internet.
2) NetBIOS : Protocol ini merupakan standart yang dikembangkan oleh IBM
3) AppleTalk : Protocol ini berjalan pada system operasi Machintosh.
4) IPX : Protocol yang digunakan oleh NetWare
5) NETBUI : Protocol yang dikembangkan oleh Microsoft untuk system operasi Windows.
b. Media Transmisi
1) Coaxial Cable :bentuk seperti kabel TV
2) TP(Twisted Pair) : Kabel yang terdiri dari empat pasang yang saling berpilin
c. Kartu Jaringan
NIC (Network Interface Card) merupakan perangkat jaringan yang memiliki MAC address.
d. Reapter , Router, Switch, HUB, Bridge
Alat-alat yang berguna menghubungkan antara segmen-segmen kabel LAN.
Konfigurasi fisik dari host yang terhubung dapat dibedakan menjadi beberapa macam antara lain
a. Topologi Bus
Pada topologi ini terdapat sebuah kabel pusat sebagai media transmisi utama. Data yang melewati media transmisi dapat langsung menuju ke host yang dituju tanpa melewati host yang lain. Data dapat bergerak bebas sepanjang kabel. Terganggunya sebuah host tidak mempengaruhi system secara keseluruhan. System ini terputus apabila media transmisi utama terputus.
b. Topologi Ring
Pada system ini digunakan metode token passing yaitu metode dimana data dikirim secara berputar melalui node ke node sampai data terkirim ke host yang dituju. Apabila ada host yang mati maka keseluruhan jaringan akan terputus pula.
c. Topologi Star
Tipe jaringan ini menggunakan konsentrator untuk mengkoneksi keseluruhan node. Konsentator dapat berupa switch ataupun hub. Biasanya media transmisi menggunakan kabel UTP. Apabila suatau node terganggu, jaringan secara keseluruhan tetap berjalan.
2. Konsep TCP/ IP
Tujuan utama dari pembuatan suatu jaringan adalah agar suatu computer dengan computer lain dapat saling berkomunikasi. Maka dari itu dibuatlah standarisasi komunikasi jaringan, salah satunya Transmision Control Protocol/ Internet Protocol (TCP/ IP).
TCP/ IP terdiri dari 4 layer:
1.
Layer Network Interface
Layer yang menghubungan perangkat lunak dengan perangkat keras
2. Layer IP
Menangani pengalamatan suatu host (computer) dalam jaringan, hal ini dilakukan dengan menggunakan IP address.
3. Layer TCP
Menangani pengalamatan suatu service (port) pada suatu host.
4. Layer Aplikasi
Layer yang berhubungan langsung dengan aplikasi yang berjalan pada host.
3. IP Address
Agar setiap computer dalam suatu jaringan dapat saling berkomunikasi maka setiap computer tersebut harus memiliki pengenal. Dalam konsep TCP/ IP pengenal untuk masing-masing computer digunakan IP address. IP address ada dua macam yaitu IPv4 (32bit) dan IPv6 (128bit).
Network atau jaringan dalam bidang computer dapat diartikan dua atau lebih computer otonom yang dihubungkan dengan media transmisi/komunikasi dengan menggunakan suatu standarisasi sehingga dapat saling berinteraksi dan berkomunikasi.
1.
Desain jaringan dan perangkat lunak
Jaringan tersusun atas beberapa host yang terhubung melalui perangkat jaringan yang meliputi antara lain:
a. Protokol Jaringan
Protokol jaringan adalah suatu standart yang harus saling dimengerti oleh suatu computer lain agar dapat saling berkomunikasi.
1) TCP/IP : TCP/IP merupakan protocol yang digunakan hampir seluruh system operasi dan merupakan standart umum dari internet.
2) NetBIOS : Protocol ini merupakan standart yang dikembangkan oleh IBM
3) AppleTalk : Protocol ini berjalan pada system operasi Machintosh.
4) IPX : Protocol yang digunakan oleh NetWare
5) NETBUI : Protocol yang dikembangkan oleh Microsoft untuk system operasi Windows.
b. Media Transmisi
1) Coaxial Cable :bentuk seperti kabel TV
2) TP(Twisted Pair) : Kabel yang terdiri dari empat pasang yang saling berpilin
c. Kartu Jaringan
NIC (Network Interface Card) merupakan perangkat jaringan yang memiliki MAC address.
d. Reapter , Router, Switch, HUB, Bridge
Alat-alat yang berguna menghubungkan antara segmen-segmen kabel LAN.
Konfigurasi fisik dari host yang terhubung dapat dibedakan menjadi beberapa macam antara lain
a. Topologi Bus
Pada topologi ini terdapat sebuah kabel pusat sebagai media transmisi utama. Data yang melewati media transmisi dapat langsung menuju ke host yang dituju tanpa melewati host yang lain. Data dapat bergerak bebas sepanjang kabel. Terganggunya sebuah host tidak mempengaruhi system secara keseluruhan. System ini terputus apabila media transmisi utama terputus.
b. Topologi Ring
Pada system ini digunakan metode token passing yaitu metode dimana data dikirim secara berputar melalui node ke node sampai data terkirim ke host yang dituju. Apabila ada host yang mati maka keseluruhan jaringan akan terputus pula.
c. Topologi Star
Tipe jaringan ini menggunakan konsentrator untuk mengkoneksi keseluruhan node. Konsentator dapat berupa switch ataupun hub. Biasanya media transmisi menggunakan kabel UTP. Apabila suatau node terganggu, jaringan secara keseluruhan tetap berjalan.
2. Konsep TCP/ IP
Tujuan utama dari pembuatan suatu jaringan adalah agar suatu computer dengan computer lain dapat saling berkomunikasi. Maka dari itu dibuatlah standarisasi komunikasi jaringan, salah satunya Transmision Control Protocol/ Internet Protocol (TCP/ IP).
TCP/ IP terdiri dari 4 layer:
1.
Layer Network Interface
Layer yang menghubungan perangkat lunak dengan perangkat keras
2. Layer IP
Menangani pengalamatan suatu host (computer) dalam jaringan, hal ini dilakukan dengan menggunakan IP address.
3. Layer TCP
Menangani pengalamatan suatu service (port) pada suatu host.
4. Layer Aplikasi
Layer yang berhubungan langsung dengan aplikasi yang berjalan pada host.
3. IP Address
Agar setiap computer dalam suatu jaringan dapat saling berkomunikasi maka setiap computer tersebut harus memiliki pengenal. Dalam konsep TCP/ IP pengenal untuk masing-masing computer digunakan IP address. IP address ada dua macam yaitu IPv4 (32bit) dan IPv6 (128bit).
No comments
Saya sangat berterimakasih apabila sahabat sekalian bersedia untuk tidak meninggalkan spam dan meninggalkan komentar yang berhubungan dengan artikel di atas.