• Terbaru

    Tidak bisa login root di Ubuntu server 12.04.1

    Tidak bisa login root di Ubuntu server 12.04.1, dan cara menanganinya agar bisa login sebagai root di ubuntu server.

    Setelah selesai install ubuntu server, login dengan root tidak bisa dan muncul pesan seolah-olah username atau password salah. Pada saat installasi pun sama sekali tidak di tanya password root, hanya domein name, dan user biasa. Ini di sebabkan karena default installasi Ubuntu tidak menyediakan atau lebih tepatnya tidak memperbolehkan login akses menggunakan super user (root) dengan alasan keamanan.

    By default, the Root account password is locked in Ubuntu. This means that you cannot login as Root directly or use the su command to become the Root user. However, since the Root account physically exists it is still possible to run programs with root-level privileges. This is where sudo comes in - it allows authorized users (normally "Administrative" users; for further information please refer to AddUsersHowto) to run certain programs as Root without having to know the root password. 


    Nah agar dapat login dengan root kita tinggal menyeting username root, karena walaupun defaultnya tidak di sediakan akses login sebagai root, user root sudah ada di dalam sistem ubuntu jadi tinggal menambahkan password untuk username root.

    Caranya pertama login sebagai user biasa misal disini usernamenya kamal dengan passwordnya kamal.
    kemudian masuk ke root dengan ketikan sudo su , dan masukkan password user kamal, karena password untuk root belum di set.
    setelah masuk root, tambahkan password untuk root dengan perintah passwd

    isikan password baru untuk root dua kali, dan enter, kalau sudah silakan keluar dan login lagi dengan root.

    Sekian terimakasih.

    No comments

    Saya sangat berterimakasih apabila sahabat sekalian bersedia untuk tidak meninggalkan spam dan meninggalkan komentar yang berhubungan dengan artikel di atas.