• Terbaru

    Installasi Web Server Apache dan Joomla 3.1.1 Di Ubuntu Server 12.04

    Setelah Instalalasi bind9 dan berhasil di panggil dengan IP addresnya server dari komputer client (bisa di ping dan bisa di buka di browser dengan IP server), tapi belum bisa di panggil nameservernya dari client karena harus di install apache.

    Kondisi : sudah terinstall bind9 dan sudah di konfigurasi
    apt-get install apache2
    cek dari client, buka nameserver dari browser

    kemungkinan eror : jika di panggil nameservernya tidak bisa, cek konfigurasi /etc/resolv.conf , lihat posting ini : http://alexander-zulkarnain.blogspot.com/2013/06/setting-dns-nameserver-di-virtual-box.html.
    Jika file resolv.conf berubah sendiri setelah networking di restart, periksa settingan interface eth0, pastikan hanya address dan netmask yang di isi, gateway dan dns belum perlu, lihat posting sebelumnya.


    Installasi Modul Joomla
    Download Joomla , disini saya menggunakan birtual box buat ubuntu servernya, jadi saya upload joomlanya dari windows dengan filezilla, tapi sebelunya mesi di install vsftpd

    apt-get install vsftpd
     Konfigure : modifikasi file /etc/vsftpd.conf dengan nano.
    hilangkan tanda pagar (#) pada baris yang bertuliskan :
      


    .

    service vsftpd restart
     Upload File dari filezilla ke ubuntu, tau caranya kan ?.
    masukkan IP server (ubuntu) di kolom HOST, username dan password sama dengan username dan password untuk login server(ubuntu).
    Geser file dari windows(kolom sebelah kiri) ke ubuntu (kolom sebelah kanan)

     .
    copy file joomla ke folder /var/www/web
    .
    agar installasi Joomlo eh Joomla berjalan lancar, ada beberapa program lagi yang mesti di install dulu :
    .
    setelah di dalam direktori web ,kemudian unzip file joomla, install dulu unzipnya
    apt-get install unzip

    .
    masuk mozilla dan buka nameserver ubuntu, dan memulai konfigurasi web Joomla
    .
    kemungkinan ERROR :
    ketika membuka webserver browser secara otomatis meminta download file x-httpd.php ini di sebabkan karena php5 belum terinstall jika sudah remove php5 dan install lagi, kalau tetap ga bisa intall libapache-mod-php5.
    agar lebih mudahnya sebelum install joomla install dulu


    install php5
    install php5-mysql
    install mysql-server


    tahap kedua
    .perhatikan pada kolom database type , jika ini kosong berarti konfigurasi database belum benar dan kalau di teruskan pesan errornya Could not connect to the database. Connector returned number: The MySQL adapter mysqli is not available, solusinya  install php5-mysql dan restart service apache2.
    catatan : setelah di install php5-mysql terus restart service apache, refresh halaman joomla, dan kalau database type muncul MySQLi ganti dengan MYSQL.

    sudah lanjutkan sendiri seterusnya bisa di utak atik sendiri, nanti akhirnya suruh menghapus folder installasi joomlanya yang di server. Kepanjangan loading postingnya lama.

    semoga berhasil, semangat dan jangan menyerah.

    No comments

    Saya sangat berterimakasih apabila sahabat sekalian bersedia untuk tidak meninggalkan spam dan meninggalkan komentar yang berhubungan dengan artikel di atas.