• Terbaru

    Koneksi P2P / Adhoc antar PC atau Laptop


    Peer 2 Peer / Adhoc , koneksi yang dilakukan dengan menghubungkan secara langsung 2 perangkat/ komputer, dengan cara ini kedua perangkat dapat berkomunikasi / berbagi /sharing file / dokumen / printer /dsb.

    Jika Peer to Peer / Adhoc dilakukan dengan komputer secara langsung dengan kabel utp dan konektor RJ45, susunan kabel di dalam RJ45 harus Cros, jika koneksi Adhoc/p2p melalui hub/switch susunan kabel di dalam RJ45 stright.





    Sharing Koneksi komputer adalah sebuah proses menghubungkan koneksi antar dua atau lebih perangkat komunikasi yang bertujuan untuk saling berbagi sumberdaya, sumberdaya itu dapat berupa hardware seperti printer, modem, atau software misalkan sebuah file, dokumen, dll.

    Proses sharing dapat di lakukan dengan menghubungkan kedua perangkat komputer dengan media penghubung seperti kabel atau wireless misal wifi dan kedua perangkat dapat berkomunikasi dengan menggunakan protokol yang sama.

    Protokol : TCP / IP adalah sebuah protokol atau aturan yang berfungsi untuk mengatur komunikasi data antar perangkat komunikasi sehingga perangkat komunikasi dapat saling bertukar data, untuk dapat berkomunikasi antara pengkat komunikasi misalkan PC, maka semua PC yang akan di hubungkan harus menggunakan sebuah protokol yang sama, misalkan sebuah PC dengan IP kelas C, dapat berkomunikasi dengan PC dengan IP kelas C, dst.
    Referensi : http://id.wikipedia.org/wiki/Internet_protocol_suite.

    Metode 1,
    Peer to peer, atau yang sekarang lebih sering di sebut AdHoc connection, sebuah koneksi antar dua buah PC atau laptop, disini misalkan menggunakan win 7.
    PC A konfigurasi :

    ,IP address di setting dengan net ID 192.168.1 dengan IP default gateway IP address dari PC B.

    PC B Konfigurasi :
    ,IP address di setting dengan net ID 192.168.1 sama dengan PC A, dan default gateway di isi dengan IP address dari PC A.

    Sekarang cek koneksi di kedua PC, dengan perintah ping (IP Address).

    No comments

    Saya sangat berterimakasih apabila sahabat sekalian bersedia untuk tidak meninggalkan spam dan meninggalkan komentar yang berhubungan dengan artikel di atas.