• Terbaru

    Belajar Jaringan Komputer di Laptop


    Dulu saya Smk jurusan Teknik Komputer Jaringan di SMK N 3 Kota Tegal, waktu di smk semua keperluan praktek di sediakan sekolah, dan pihak sekolah juga memberi kebebasan untuk menggunakan laboratorium komputer jika tidak ada jam pelajaran lain.

    Dulu waktu sekola jurusan komputer saya belum punya komputer sendiri makanya rajin ke sekolah buat praktek.

    nah sekarang udah lulus mau praktek tapi kurang peralatan perang, cuma ada 1 laptop dan 1 router board.

    dulu saya klw belajar jaringan cuma pake virtual box, saya bikin 3 virtual machine dan setting IP dan biasanya ketiga vm itu adalah linux yang salah satunya beraksi sebagai server, dengan hostnya win 7.

    biasanya saya prakteknya 'N' in one, mksud saya bisa semua dalam satu waktu, jaringan komputer, web server, programming.

    misal saya bikin web pake text editor di windows, terus saya upload lewat FTP di salah satu virtual machine yang beraksi sebagai server (yang udah di install ftp,webserver) menggunakan filezilla atau program lain, kemudian saya setting agar bisa di akses dari vm yang lain.

    kelebihannya ada di sisi programming nya, jadi kan kita tau itu web kalau jalan di OS yang lain seperti apa tanpa perlu nyobain di komputer lain, dan kita bisa ngetes kelemahan dari security web kita.


    nah waktu itu aku nemu software namanya GNS3, program ini keren, klw di virtual box kita hanya bisa memvirtualkan OS / komputer dengan OS, di GNS3 kita bisa memvirtualkan hardaware seperti mikrotik routerboard, dan program ini bisa bekerja bersama dengan VMWare seperti virtualBox dan qemu, dengan software ini kita bisa lebih mendalam kalau mau belajar jaringan dengan satu laptop saja.

    Jadi sekarang : semua tinggal kemauan untuk mau belajar atau tidak.

    No comments

    Saya sangat berterimakasih apabila sahabat sekalian bersedia untuk tidak meninggalkan spam dan meninggalkan komentar yang berhubungan dengan artikel di atas.