• Terbaru

    Tips Etika Membuat Posting Blog (Jangan jadi Plagiat / Tukang Copas)

    Assalamualaikum



    Posting klai ini saya akan membuat sedikit ulasan tips mengenai etika dalam blogging, ini berlaku untuk semua blogger dari mulai pemula sampai yang sudah mahir, untuk sahabat yang telah lama di dunia blog hal ini sudah sedikit umum.

    Pertama saya ingin bercerita sedikit, saat saya masih baru di dunia blog saya suka copas tulisan di blog lain, karena saat itu saya belum merasa dirugikan dengan menyalin tulisan orang lain, tapi setidaknya saya mencantumkan suber dari mana saya menyalin artikel tersebut, bahkan artikel yang saya salin (copy) masuk, terindeks di halaman pertama pencarian google di baris ke tiga setelah artikel dari blog aslinya.

    Beberapa tahun kemudian saya mulai aktif menulis artikel dan tutorial sendiri, sangat banyak artikel yang saya pelajari dari blogging dan telah saya praktekkan, setiap trik yang telah saya praktekkan dan jika berhasil di coba akan langsung yang posting. Beberapa hari kemudian saya googling dan menemukan sebuah blog yang di dalamnya terdapat artikel trik blogging dengan bahasa, cara penulisan yang sama persis dengan yang saya buat, tapi tidak dicantumkan darimana dia menyalin artikel tersebut. Tidak main-main ternyata yang sama sampai empat artikel...hhhmmm, luar biasa orang ini "dalam hati saya bicara".

    Seharusnya hal ini tidak perlu terjadi, di sekolah juga pastinya sudah di ajarkan bagaimana etika dalam menyalin artikel dan mencantumkan sumber atau referensinya, mungkin yang melakukan itu memang benar benar tidak pernah makan bangku sekolah (bukan arti yang sebenarnya), dan ternya bukan cuma saya yang kesal dengan hal ini, ada yang sudah bikin posting tentang hal ini tapi judulnya "blogger juga manusia"

    Sebenarnya tidak masalah mau nyalin darimana saja, asalkan dengan satu catatan "kreatif dong mas" ya paling tidak gaya bahasanya atau penyampaianya di ganti dengan gaya kamu sendiri dan di tulis juga sumbernya, darimana artikel itu di salin.

    Dan tidak ada ruginya untuk mencantumkan sumbernya, justru itu malah menaikkan peringkat blog karena yang saya tau semakin banyak link di blog kamu akan semakin naik rank di mata google. Pernah tidak ketika kamu googling dan menemukan website yang terindeks di halaman pertama google tapi setelah website itu kamu buka artikel yang kamu cari di google tidak langsung terdapat pada website tersebut tapi hanya link dan sekilas tulisan yang mengarah ke artikel yang berkaitan di blog lain. Itu artinya "Mencantumkan sumber ketika menyalin artikel dari blog lain itu menguntungkan kita".

    Kecuali misalnya kamu ingin membuat posting yang kamu dapat dari blog lain, tapi kamu tidak menyalin teksnya tapi meniru caranya dengan menuliskanya dengan gaya bahasamu sendiri, ini sah sah saja, dan jika tidak ingin isi blognya di salin kamu bisa menambahkan script untuk menonaktifkan fungsi copy.

    Jadi kenapa masih jadi plagiat ??, kamu punya kemampuan sendiri yang pastinya unik dan berbeda dengan orang lain, tulisan atau posting kamu menggambarkan jati diri kamu. Semoga tips ini bermanfaat.

    Happy blogging


    Assalamualaikum

    7 comments:

    1. Mantap gan, kebanyakan sekarang yang coppas tuu robot blog..

      ReplyDelete
    2. Terimakasi atas postingan ini sangat berguna buat saya yang pemula

      ReplyDelete
    3. artikelnya keren gan,
      makasi bnget,ini sangat berguna bagi sy. maklum masih newbie..
      salam kenal..:)

      ReplyDelete
    4. @nagk marossama sama sob, semoga berguna oret oretan sya :D

      ReplyDelete
    5. ok...moga yg tukang makin tau diri..

      ReplyDelete
    6. haahahahaa..... Gampang Meski Di BUat Anti Copas ,, Mozila .. Option >> Content >> Enable Java sCript >> Copy Paste In Action >> Blog Terkenal . wkwkwk

      ReplyDelete

    Saya sangat berterimakasih apabila sahabat sekalian bersedia untuk tidak meninggalkan spam dan meninggalkan komentar yang berhubungan dengan artikel di atas.