• Terbaru

    Masalah Komputer "Disk Read Error Occured" dan "BSOD"




    Bismillah........

    Kali ini saya bukan membuat posting mengenai trik trik blogging, tapi kali ini saya akan posting pengalaman saya dengan sebuah komputer yang bandel yang tanpa rasa bersalah sering membuat saya pusing dengan segala macam masalahnya.

    Judul posting ini mengenai salah satu masalah komputer yang pastinnya pernah di jumpai oleh orang yang biasa di dunia komputer yaitu munculnya pesan error berupa tulisan "Disk Read Error Occured, press Ctrl+Alt+Del to restart" tapi disini saya juga sekalian menuliskan pengalaman saya dengan  komputer yang "ngambek" yang secara otomatis memunculkan layar berwarna biru bahasa kerenya Blue Screen Of Death (BSOD) dan tidak mau melanjutkan proses booting, ga tau tuh salah saya apa sama dia .

    Untuk yang layar biru (BSOD) di windows Xp, ini bisa dikarenakan oleh masalah pada hardware dan software komputer, tapi yang saya alami muculnya tulisan NTFS_FILE_SYSTEM, dari situ saya coba masuk ke repair mode di command line promt waktu booting dari CD installer Xp dan saya ketikkan perintah CHKDSK /R kemudian saya menunggu proses check disk selama beberapa menit, setelah itu komputer secara otomatis melakukan restart, setelah komputer menyala kembali proses booting berjalan lancar dan bisa loggin ke windows Xp seperti biasa.

    Selanjutnya untuk masalah "Disk Read Error Occured, press Ctrl+Alt+Del to restart" yang benar benar mengganggu, komputer di perusahaan saya sering sekali mengalami masalah demikian, saya hampir bisa menjadwalkan kapan waktu kerusakan berikutnya setelah sata perbaiki komputer tersebut, sampai suatu hari komputer itu "kumat" lagi. Awal diagnosa saya file systemnya mungkin ada yang eror atau harddisknya yang eror, kemudian saya coba lepas harddisknya dan saya pasang di komputer lain dengan kabel power dan kabel data SATA yang berbeda, di kopmuter lain harddisk itu bisa melakukan booting dan berjalan normal seperti biasa. Kemudian saya lepas harddisk tersebut dan saya pasang kembali ke CPU semula yang sebelumnya error ketika booting, tapi kali ini saya ganti kabel power dan kabel data SATAnya, kemudian.... PC tersebut tidak lagi error, proses booting lancar dan windows berjalan normnal. Dari sini saya simpulkan "permasalahan komputer yang menyebabkan munculnya pesan error 'Disk Read Error Occured, press Ctrl+Alt+Del to restart' dan tidak dapat loggin windows dapat disebabkan karena kendurnya kabel power dan kabel data SATA harddisk atau permasalahan ada pada kabel penghubung harddisk yang kurang bagus".

    Untuk masalah komputer lainnya, pembaca di perbolehkan melengkapi artikel ini dengan menuliskannya di kmentar srtikel ini.
    Sekian semoga artikel ini bermanfaat,.

    18 comments:

    1. berarti kalo di laptop susah dongg (-_-")

      ReplyDelete
    2. @hannyfile itu tidak mesti hardware nya mba, bisa juga karena OS nya, mending di coba di repair dulu mba, sebenarnya disk read errorr occured lebih di karenakan os, atau
      Hapus sebagian data pada partisi Anda yang berukuran >=137GB kemudian perkecil partisi tersebut menjadi kurang dari 137GB. Maka secara ajaib Windows akan berjalan normal.
      Jika masih belum berhasil, gunakan perintah Fixboot, Fixmbr dengan Recovery Console.
      Alternatif lainnya, timpa MBR atau perbaiki partisi dengan program partisi independen

      ReplyDelete
    3. yah,klo hardiska g sampe 137GB cm 80GB aja,mau dipartisi gimana bisa bisa malah abis nanti gan

      ReplyDelete
    4. Tapi mas, saat laptop saya kejadian a read disk occurred, terus saya coba hard disk self 1 test, kemudian muncul pesan replacement hard disk 1, nah itu maksudnya apa mas? Makasih sebelumnya

      ReplyDelete
    5. @tyoz coba di repair dulu mas, atau cba perintah CHKDSK /R

      selamat mencoba :)

      ReplyDelete
    6. @Poseidon itu bisa jadi fisik harddisknya bermasalah , coba pake cd installer windows, masuk ke menu repair dengan mode command prompt dan ketik CHKDSK /R :)

      ReplyDelete
    7. @izoel setelah melakukan saran dari mas, perubahan apa yang terjadi?

      ReplyDelete
    8. cuma gitu ya mas.. saya udah otak-atik biosnya eh malah cuma kabel yang kendur,,

      ReplyDelete
    9. Terima kasih bosss ternyata bener gara2 kabel satanya kendur ....thanks very much yahhhh

      ReplyDelete
    10. mas tapi saya lagi main game abis itu tidak bisa jalan sama sekali pas booting ada bacaan Disk read error occured. trus bagaimana nih mas masalah nya sy gatau bnget buat bongkar2 komputer kabel hhardisk ajh gatau yang mana

      ReplyDelete
    11. mas tapi saya lagi main game abis itu tidak bisa jalan sama sekali pas booting ada bacaan Disk read error occured. trus bagaimana nih mas masalah nya sy gatau bnget buat bongkar2 komputer kabel hhardisk ajh gatau yang mana

      ReplyDelete
    12. aku abis download games dan aplikasi. tiba2 aja PC langsung muncul tulisan seperti itu. Apa gara2 games nya ya mas? bingung niiihh :(

      ReplyDelete
    13. aku abis download games dan aplikasi. tiba2 aja PC langsung muncul tulisan seperti itu. Apa gara2 games nya ya mas? bingung niiihh :(

      ReplyDelete
    14. gan gw mau nanya niie , contoh misalkan nomor pc 7 gw eror , trus gw mau cloning sama pc 2 , dan di saat cloning itu ngga sampai 100% di karenan erorr , truz gw coba pasang hardisk yang pc 7 , abis itu dia baru nongol bacaan , Disk Read Error Occured, press Ctrl+Alt+Del to restart' , itu masalah nya dimana ya , kasih solusi gan , makasihh

      ReplyDelete
    15. buat semuanya dulu , nih misalkan ada error selain Disc read error accured , di baca dulu pesanya apa nah dari situ kita mulai trouble shooting, kalau hanya disk read error occured biasanya masalah terjadi pada pembacaan harddisk komputernya, misal kalau kasus saya itu kabelnya kendur, pernah juga hanya saya repair terus bisa lagi, dsb :) CMIIW

      ReplyDelete
    16. Ya, saya setuju. Pengalaman saya juga begitu cara ngatasinya. Bersihkan soket power dan kabel datanya.

      ReplyDelete

    Saya sangat berterimakasih apabila sahabat sekalian bersedia untuk tidak meninggalkan spam dan meninggalkan komentar yang berhubungan dengan artikel di atas.